Minggu, 20 Maret 2016

Tugas Individu Minggu 4 : Auntansi Komparatif Amerika dan Asia

Sistem  akuntansi di Amerika Serikat bersifat Common Law dan diatur oleh sektor khusus Dewan Standart  Akuntansi Keuangan (Financial Accounting Standard Board- FASB), namun untuk kewenangannnya dibawah SEC ( Securities and Exchange Commisson). Yaitu, SEC memiliki kewenangan penuh untuk menjelaskan standart akuntansi dan laporan perusahaan publik akan tetapi bergantung pada sektor swsta dalam penerapan standardisasi tersebut.  FASB dibentuk pada tahun 1973 dan pada Desember 2006 telah mengeluarkan Laporan Standart Akuntansi Keuangan 158 ( 158 Statement of Financial Accounting Standards-SFASs) dengan tujuan  untuk menyediakan informasi yang berguna untuk para investor baik yang telah maupun yang berpotensi menjadi investor, kreditor, dan lainnya yang memutuskan untuk mengembil kredit, investasi dsb.
Prinsip Akuntansi yang Berlaku umum (Generally Accepted Accounting Principles- GAAP) terdiri atas seluruh standar akuntansi keuangan, peraturan, dan regulasi yang harus dipatuhi dalam mempersiapkan laporan keuangan dengan komponen utama dari GAAP ini adalah SFASs.  Pada tahun 2002 FASB dan IASB menandatangani Norwalk Agreement dengan tujuan untuk menghilangkan perbedaan yang muncul diantara standardisasi mereka serta mengkoordinasikan agenda pengaturan standardisasi sehingga permasalahan utama yang muncul dapat diselesaikan bersama. Pada tahun yang sama , 2002, ditandatangani UU Sarbanes-Oaxley Act yang secara signifikan memperluas persyaratan AS dalam perusahaan pemerintah, penjelasan, dan laporan serta regulasi proesi audit.

Akuntansi dari lima negara dua diantaranya dari benua Amerika (Meksiko dan Amerika Serikat) sisanya tiga benua Asia (Cina, India, dan Jepang). Kelima negara tersebut dibahas karena :
1.      Meksiko : memiliki system free market atau pasar bebas yang besar.
2.      Amerika serikat : system perekonomiannya sudah bagus sehingga AS merupakan rekan dagang utama dari keempat rekan lainnya.
3.      Cina : negara dengan populasi terbesar di dunia sehingga banyak perusahaan yang bersaing untuk berbisnis disana.
4.      India
5.      Jepang : juga memiliki perekonomian yang maju juga merupakan rekan dagang utama Cina dan Meksiko
Lima sistem akuntansi keuangan nasional
AMERIKA SERIKAT
Standarisasi mereka adalah agensi kepemerintahan Komisi Keamana dan Kurs (Securities and Exchange Commission – SEC). Public Company Accounting Oversight Board (PCAOB) oleh dewan yang berwenang untuk mengeluarkan regulasi audit dan auditor perusahan public.
Regulasi dan Pelaksanaan Akuntansi
System yang dianut di Amerika Serikat tidak memiliki persyaratan legal untuk publikasi mengenai laporan audit periodic keuangan dengan demikian audit tahunan di dalam laporan keungan hanya ada pada tingkat federal saja seperti yang dispesifikasikan oleh SEC. SEC memiliki kewenangan penuh dalam menjelaskan standar akuntansi dan laporan pada perusahaan public. Hal ini bekerja dengan FASB dan bersifat menekan apabila ada pegerakan terlalu lambat atau menyimpang.PCAOB yaitu sebuah organisasi non-profit yang diawasi langsung oleh SEC.
Laporan keuangan
  1. Laporan manajemen
  2. Laporan audit independen
  3. Laporan keungan primer
  4. Diskusi manajemen dan analisis hasil operasional dan kondisi keuangan
  5. Penjelasan mengenai kebijakan akuntansi dengan dampak yang paling kritis pada laporan keuangan
  6. catatan atas laporan keungan
  7. perbandingan data keuangan selama 5 – 10 tahun
  8. data triwulan terpilih
Patokan akuntansi
Penggabungan bisnis harus dilakukan seperti sebuah pembelian goodwill dikapitalisasi sebagai selisish antara harga pasar yang dipertimbangkan ndalam pertukaran dengan harga pasar dibawah asset bersih yang diperoleh.
Pengggabungan investasi usaha gabungan dihitung dengan menggunakan metode ekuitas yaitu, 20%-50% perusahaan gabungan. LIFO, FIFO dan metode rata-rata diperbolehkan dan telah digunakan secara luas untuk menetapkan harga persediaan.

MEKSIKO
Sekarang meksiko menurut pada IASB sebagai panduan dalam menyelesaikan permasalahan akuntansi yang muncul.
Regulasi dan pelaksaan akuntansi
Standar akuntansi di meksiko dikelurkan oleh Council For Research and Development of Financial Informations standards CINIF. Mexican Institude of Public Accountants mengeluarkan standarisasi proses audit melalui Ausiting Standards and Procedure Commision.
Laporan keuangan
  1. neraca
  2. laporan laba rugi
  3. laporan perubahan ekuitas pemegang saham
  4. laporan perubahan posisi keunagan
  5. catatan
Patokan akuntansi
Laporan keuangan gabungan disiapkan saat induk perusahaan mengontrol perusahaan lainnya. Kintrol biasanya dimiliki saat lebih dari 50% saham biasa dimiliki. Metode pembelian digunakan untuk menghitung bisnis gabungan. Goodwill merupakan kelebihan harga pembelian terhadap nilai sekarang asset bersih yang didapatkan.

JEPANG
 Untuk mengetahui system pembukuan jepang, kita harus memahami budaya, praktik bisnis, dan sejarah jepang. Perusahaan jepang memiliki keterkaitan ekuitas tersendiri dan sering kali bergabung dengan firma milik pribadi yang lain. Keterhubungan daerah investasi industry konglomerat raksasa ini disebut Kieretsu.

Regulasi dan pelaksanaan akuntansi
Regulasi akuntansi jepang berdasarkan pada 3 lembaga hukum : undang-undang perusahaan (company low), undang-undang pertukaran dan sekuritas (secutities and exchange law), dan undang-undang pajak penghasilan perusahaan (corporate income tax law).
  • Undang-undang perusahaan diatur oleh Ministry of Justice (MOJ).
  • Undang-undang pertukaran dan sekuritas (SEL).
  • Undang-undang pajak penghasilan perusahaan berdasarkan undang-undang perusahaan, akan tetapi jika hukum tidak menjelaskan mengenai perlakuan pembukuan, salah satu poin hukum peerpajakan akan diakui.
Japanese Institude of Certified Public Accountants (JICPA) memberikan panduan dalam pelaksanaan audit.
Laporan keuangan
  1. Neraca
  2. Laporan laba rugi
  3. Laporan atas perubahan ekuitas pemegang saham
  4. Laporan bisnis
  5. Laporan terkait
Patokan akuntansi
Perusahaan yang terdapat harus mempersiapkan laporan keuangan gabungan. Metode pooling of interest (penyatuan saham) untuk bisnis gabungan pada situasi tertentu. Goodwill dihitung dengan dasar harga pasar asset bersih yang didapatkan dan diamortisasi lebih dari 20 tahun / kurang serta subjek terhadap tes penurunan nilai.
Persedian yang ada harus dihitung apakah cocok dengan biaya / lebih rendah / nilai keuntunganperusahaan. Biaya penelitian dan pengembangan juga dibebankan saat terjadinya. Kontrak sewa yang memindahkan kepemilikan terhadap penyewa dikapitalisasi.

CINA
Karakteristik dasar akuntansi cina dimulai sejak pembentukan RRC pada tahun 1949. Cina menerapkan progam ekonomi yang sangat terpusat, melihatkan prinsip dan pola Marxis meniru system kesatuan Soviet.
Regulasi dan pelaksanaan akuntansi
Pada tahun 1992, Departemen Keuangan mengeluarkan Accounting Standards for Business Enterprises (ASBE), sebuah konsep kerangka kerja yang dirancang untuk menuntut perkembangan standar baru akuntansi cina dengan praktik internasional.
Accounting Standards for Business Enterprises (ASBE)
  • Ketentuan umum : pemeliharaan, pembuatan keputusan dibidang ekonomi, perusahaan menguntungkan, berbasis pencadangan (accrual)
  • Informasi persyaratan akuntansi kualitatif : representasi terpercaya, relevan, bisa dipahami, bisa dibandingkan, isi melebihi bentuk, penilaan
  • Penjelasan tiap elemen : asset, kewajiban, ekuitas pemilik, pendapatan, beban, laba
  • Pengukuran akuntansi : pada umumnya, biaya perolehan; jika elemen-elemen yang diukur pada biaya penggantian, nilai realisasi bersih, nilai sekarang, atau harga pasar, perusahaan harus yakin bahwa jumlah tersebut ada dan bisa diukur.
  • Laporan keuangan : neravca, laporan laba rugi, laporan arus kas, dan catatan
Pelaporan keuangan
  1. Neraca
  2. Laporan laba tugi
  3. Laporan arus kas
  4. Laporan perubahan ekuitas
  5. Catatan
Patokan akuntansi
Penggabungan usaha dicatat menggunakan metode pembelian. Goodwill adalah perbedaan antara biaya dan harga pasar asset dan kewajiban diakuisis. Metode ekuitas digunakan dalam investasi. Harga perolehan adalah basis untuk penilaan asset berwujud. Biaya riset dibebankan.

INDIA
Dari 1947 sampai akhir 1970-an, ekonomi di indiaa digolongkan denga bergaya program sosialisasi pemerintah terpusat dan industry pengganti barang impor.
Regulasi dan pelaksanaan akuntansi
Dua sumber utama dari akuntansi di india adalah lembaga hukum dan profesi akuntansi. Keduanya berdasarkan hukum inggris. The Institude of Chartered Accountans of India yang didirkan pada tahun 1949 mengatur izin profesi akuntansi dan bertanggungjawab untuk mengembangkan standar akuntansi dan proses audit.
Laporan keuangan
  1. Laporan neraca 2 tahun
  2. Laporan laba rugi
  3. Laporan arus kas
  4. Kebijakan akuntansi
  5. Catatan
Pengukuran akuntansi
Tidak adanya standar pembukuan utnuk penggabungan usaha, tetapi dihitung pembeliaan. Metode penyatuan bunga (pooling) digunakan bagi perusahaan merger. Goodwill berbeda diantara perhitungan yang ada dan hasil jumlah asset dan hutang yang diperoleh. Asset yang tidak berwujud biasanya diamortisasi lebih dari 10 tahun.

RANGKUMAN PERBEDAAN PRAKTIK AKUNTANSI

KETERANGAN
AMERIKA SERIKAT
MEKSIKO
JEPANG
CINA
INDIA
Penggabungan usaha: pembelian atau pooling

Pembelian
Pembelian
Keduanya
Pembelian
Keduanya
Goodwill
Kapitalisasi dan uji penurunan nilai
Kapitalisasi dan uji penurunan nilai
Kapitalisasi, dan amortisasi dan uji penurunan nilai
Kapitalisasi dan uji penurunan nilai
Kapitalisasi, dan amortisasi dan uji penurunan nilai
Asosiasi
Metode ekuitas
Metode ekuitas
Metode ekuitas
Metode ekuitas
Metode ekuitas
Penilaian aset
Harga perolehan
Penyesuaian kisaran harga
Harga perolehan
Harga perolehan
Harga perolehan
Biaya depresiasi
Berbasis ekonomi
Berbasis ekonomi
Berbasis pajak
Berbasis ekonomi
Berbasis ekonomi
Penilaian persediaan boleh LIFO
Boleh
Tidak digunakan
Boleh
Dilarang
Dilarang
Kemungkinan rugi
Diakui
Diakui
Diakui
Diakui
Diakui
Sewa pembiayaan
Dikapitalisasi
Dikapitalisasi
Dikapitalisasi
Dikapitalisasi
Dikapitalisasi
Pajak tangguhan
Diakui
Diakui
Diakui
Diakui
Diakui
Cadangan untuk memuluskan pendapatan
Tidak
TIdak
Tidak
Tidak
Tidak


Referensi :


 https://www.academia.edu/16715562/AKUNTANSI_KOMPARATIF_AMERIKA_and_ASIA
Choi, Frederick D.S., and Gerhard D. Mueller, 2005., Akuntansi Internasional – Buku 1, Edisi 6., Salemba Empat, Jakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar