Kamis, 09 Mei 2013

Softskill Tugas 3

Indonesia Akan Jadi Basis Produksi Industri Taiwan

Taiwan External Trade Development Council (Taitra) memprediksi Indonesia akan menjadi negara yang menjadi basis produksi industri asal Taiwan ketiga setelah China dan Vietnam pada tahun 2017, menyusul prospek RI sebagai wilayah yang dinilai menjanjikan.

Market Research Department  Taitra  Harrison K.M. Lan mengatakan saat ini posisi Indonesia masih di peringkat kelima sebagai basis produksi sejumlah industri asal Taiwan, yaitu setelah China, Vietnam, Thailand, Malaysia.

"Melihat tren saat ini, kami meyakini dalam lima tahun ke depan, Indonesia akan menjadi basis produksi industri Taiwan di peringkat ketiga," kata Lan menjawab pertanyaan wartawan  di Kantor Taitra yang ada di Taipei,  Senin, 15 Oktober 2012.

Memang, ujarnya, saat ini  90%-95% pilihan  kalangan industri Taiwan memilih China sebagai basis produksinya.

Namun, tambahnya,  dominasi China tersebut di masa mendatang akan berubah. Menyusul prospek negara lain sebagai basis produksi, termasuk Indonesia.

"Indonesia  sebagai wilayah basis produksi  yang penting bagi industri asal Taiwan," kata Luan.

Dia mengatakan ada sejumlah alasan  ketertarikan  kalangan manufaktur asal  Taiwan untuk melirik Indonesia sebagai basis produksinya. Pertama, mengingat besarnya pasar di Indonesia  dengan penduduknya yang padat.

Kedua, kebijakan pemerintah untuk mendorong industri dalam negeri  untuk mengisi pasar di Indonesia. Ditambah potensi untuk mengekspor produk Taiwan yang diproduksi di Indonesia ke kawasan Asia Tenggara.

Dengan adanya kebijakan  mendorong industri di dalam negeri  untuk memenuhi pasar dalam negeri, tambahnya,  menjadi ketertarikan  kalangan  manufaktur di Taiwan  untuk  berinvestasi mendirikan indusri di Indonesia.

"Investasi industri asal Taiwan di China selama 10 tahun terakhir  mencapai ratusan miliar dolar AS, sementara di Vietnam dalam kurun waktu sama mencapai sekitar 10 miliar dolar AS,"  kata Lan menggambarkan besarnya potensi investasi asal Taiwan di negara lain.

Menurutnya, seyogyanya ketertarikan  kalangan industri Taiwan untuk bersiap menjadikan Indonesia sebagai basis produksi tersebut didukung dengan sejumlah kebijakan  dari pemerintah.

Kebijakan yang dharapkan diberikan pemerintah Indonesia, ujarnya, seperti memberikan insentif bagi para investor, kemudahan dalam  mendapatkan suplai listrik,  mendapatkan lahan,  biaya buruh yang memadai,  serta adanya agensi investasi yang bisa menjawab setiap keingintahuan serta memecahkan masalah kalangan investor.

"Seperti BKPM agar bisa menolong kalangan investor untuk memecahkan setiap problem yang dijumpai,"  kata Lan.

Saat ini  industri asal Taiwan yang sudah menjadikan Indonesia sebagai salah satu basis poduksinya adalah Pou Chen Group yang menjadi suplai merek sepatu olahraga  ternama dunia.  Lainnya adalah untuk industri garmen.

KOMENTAR

Nita Nopri / 1EB23 / 25212354
Jika taiwan ingin menjadikan indonesia sebagai basis produksi maka pemerintah indonesia juga harus mempertahankan produksi asli indonesia agar produk – produk asli dari indonesia tidak hilang / tergantikan oleh produksi dari negara lain.

Canya Pramesthi Rastha M. / 1EB23 / 21212552
Prospek Indinesia sebagai negara yang dapat dijadikan lahan bisnis oleh patra investor sangatlah bagus untuk bidang produksi di Indosia karena Indonesia merupakan negara maju yang mempunyai penduduk yang banyak sehinngga dalam hal SDM , Indonesia diiharapkan dapat memberikan imbal balik yang menguntungkan satu sama lainnya .Meskipun begitu , pemerintah juga harus memberikan kebijakan perihal investasi sehingga tidak ada penyimpangan dalam prakteknya .

Rifanny Dwi Handini / 1EB23 / 26212332
Dengan masuknya perindustrian Taiwan ke Indonesia mungkin dapat mendongkrak perekonomian Indonesia agar lebih baik kedepannya.tetapi juga harus diperhatikan kualitas barang yang masuk kedalam perindustrian diindonesia dan tetap memasarkan produk dalam negri yaitu produk Indonesia.

Erika Untung S./ 1EB23/ 22212533
Dengan adanya perindustrian yang masuk lagi ke Indonesia, diharapkan dapat lebih membantu untuk perekonomian Indonesia yang lebih baik lagi, dan juga di harapkan Indonesia bisa membangun perkembangan ekonomi yang lebih baik, dengan mengembangkan produk dalam negri agar bisa lebih bersaing dengan Negara lain. Dan diharapkan juga untuk pemerintah bisa lebih mengutamakan produk dalam Negeri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar