Senin, 22 April 2013

E-Commerce

A. PERDAGANGAN ELEKTRONIK
  • E-Commerce di Luar Batas Perusahaan
  1. B2C (business to consumen): mengacu pada transaksi-transaksi yang terjadi pada sebuah bisnis dan konsumen akhir produk, melibatkan jumlah orang yang relatif sedikit, biasanya sangat terlatih dalam penggunaan sistem informasi dan mengenal proses bisnis yang terpengaruh oleh transaksi tersebut.
  2.  B2B (business to business): mengacu pada transaksi antarbisnis dimana tidak ada pihak yang menjadi konsumen akhir, membutuhkan perbedaan desain yang mendasar.
  • Manfaat-manfaat yang Diharapkan dari E-Commerce
  1. Perbaikan layanan pelanggan sebelum, selama dan setelah penjualan
  2. Perbaikan hubungan dengan pemasok dan komunitas keuangan
  3. Peningkatan imbal hasil ekonomis atas pemegang saham dan investasi pemilik
  • Kendala-kendala E-Commerce
  1. Biaya yang tinggi
  2. Kekhawatiran akan masalah keamanan
  3. Peranti lunak yang belum mapan atau belum tersedia
  • Ruang Lingkup E-Commerce
  1. E-Commerce bersifat dinamis dan ruang lingkup pengaruhnya dapat berubah dalam waktu hanya beberapa bulan.
  • Jalan Menuju E-Commerce
  1. Apabila suatu perusahaan sudah memutuskan untuk mengimplementasikan e-commerce, maka perusahaan tersebut menyadari bahwa yang akan dilakukan bisa jadi merupakan suatu pekerjaan yang besar.

B. INTELIGENSI BISNIS (BUSINESS INTELLIGENCE)
  • Basis Data Eksternal
  1. Perusahaan menjadi semakin condong untuk melakukan pencarian eksternal sendiri untuk kecerdasan pasar. Pencarian eksternal telah dibantu oleh adanya fakta bahwa semakin banyak perusahaan memberikan informasinya sendiri di Web.
  • Mesin Pencari
  1. Suatu program komputer khusus yang menanyakan satu kata atau kelompok kata kepada pengguna untuk dicari.
  2. Langkah pertama menuju pencapaian e-commerce adalah mendapatkan pemahaman mengenai lingkungan dimana perdagangan akan dilaksanakan.

C. STRATEGI E-COMMERCE DAN SISTEM INTERORGANISASIONAL
  1. Strategi yang sering disebut-sebut adalah strategi dimana unsur-unsur yang ada dikaitkan dengan transmisi data elektronik.
  2. Nama strategi tersebut yaitu sistem organisasional (IOS)

D. SISTEM INTERORGANISASIONAL
  • Manfaat IOS
  1. Efisiensi komparatif memberikan para sekutu di dalam IOS keunggulan harga diatas para pesaingnya.
  2. Efisiensi internal: memungkinkan perusahaan mengmpulkan dan menganalisis data dengan cepat dan mengambil keputusan dengan cara yang lebih cepat lagi.
  3. Efisiensi interorganisasional: memungkinkan perusahaan itu menawarkan lebih banyak barang dan jasa, melayani lebih banyak pelanggan, memindahkan pekerjaan tertentu ke pemasok atau pelanngan, serta lebih mudah mengumpulkan data lingkungan.
  4. Kekuatan penawaran dilakukan untuk menyelesaikan perselisihan dengan para pemasok atau pelanggan demi keuntungan perusahaan itu sendiri.
  5. Fitur-fitur produk yang unik
  6. Menurunkan biaya-biaya yang berhubungan dengan penelitian
  7. Meningkatkan biaya perpindahan

E. EDI
  • Ekstranet
  1. Perusahaan menggunakan ekstranet melalui kolaborasi dengan pemasok dan pelanggaan besar yang telah dipercaya.
  2. Ekstranet dapat menjadi solusi tepat bagi perusahaan yang ingin biayanya rendah
  3. Ekstranet menggunkan internet untuk komunikasi dan browser standar Web untuk menavigasi situs dan bertukar data.
  • Sekutu-sekutu Bisnis Proaktif dan Reaktif
  1. Sponsor IOS pada umumnya mengambil pendekatan proaktif, merangsang minat akan IOS dan mendorong partisipasi di dalam jaringan. Para partisipan pada umumnya merespon dengan cara yang reaktif, menerima atau menolak penawaran sponsor untuk menerapkan IOS.
  • Pengaruh Penerapan
  1. Tekanan kompetitif
  2. Penggunaan kekuasaan
  3. Kebutuhan internal
  4. Dukungan manajemen puncak
  • Manfaat Langsung dan Tidak Langsung IOS
  1. Manfaat langsung:
- Mengurangi kesalahan
- Menurunkan biaya
- Meningkatnya efisiensi operasional
2. Manfaat tidak langsung:
- Meningkatnya kemampuan untuk bersaing
- Memperbaiki hubungan dengan sekutu dagang
- Memperbaiki layanan pelanggan
F. STRATEGI B2C UNTUK E-COMMERCE
  • Produk-produk Digital
Pembeli produk digital menanggung biaya transaksi substansial dilihat dari segi biaya komputer, biaya koneksi online, media penyimpanan dst.
  • Produk-produk Fisik
Produk fisik tidak dapat dikomsumsi melalui Web; sebagai gantinya harus dikirimkan kepada pelanggan.
  • Penjualan Maya Versus Campuran
  1. Penjualan maya: penjualan yang dilakukan perusahaan yang tidak mengoperasikan tempat berjualan fisik.
  2. Penjualan campuran: perusahaan memiliki tempat berjualan secara fisik dan situs Web dimana pelanggan dapat membeli produk.
  3. Pemerintahan Elektronik: Salah satunya pemerintah menggunakan e-commerce untuk menagih pajak.

G. LANGKAH ECOMMERCE BERIKUTNYA
  • Perdagangan Bergerak
Penggunaan telepon seluler dan asisten digital pribadi untuk melakukan e-commerce nirkabel.
  • Nirkabel Berkelas Bisnis di Semua Tempat
Hot spot internet nirkabel cukup memadai untuk penggunaan Web umum maupun pribadi. Hot spot biasanya menggunakan suatu suatu koneksi kabel lalu dipancarkan ke suatu wilayah yang kurang lebih berjarak 100m dari poin akses tersebut.

H. MENGGUNAKAN INTERNET
  • World Wide Web
Kumpulan komputer yang bertindak sebagai server isi/kandungan yang menyimpan dokumen-dokumen yang diformat.

I. SARAN-SARAN KEBERHASILAN PENGGUNAAN INTERNET
  1. Pastikan situs Web Anda kuat
  2. Pastikan browser dan struktur basis data Anda fleksibel maupun intuitif
  3. Menekankan isi
  4. Sering diperbarui
  5. Melihat di luar pelanggan
  6. Tujukan isi pada kebutuhan spesifik pengguna
  7. Menjadikan internet intuitif
  8. Berada di lokasi Web yang tepat
  9. Ciptakan rasa kebersamaan
  10. Carilah bantuan jika Anda membutuhkannya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar